Soal Olimpiade Fisika Asia 2005

soal olimpiade fisika se asia 2005

Berikut ini merupakan soal “6th Asian Physics Olympiad” (APhO) atau Olimpiade Fisika Asia yang ke-6. APhO ke-6 dilaksanakan pada tahun 2005 di Pekanbaru, Riau, Indonesia. Soal yang diberikan berupas soal ekperimental.

Contoh Soal:

MENENTUKAN BENTUK BENDA DARI PEMANTULANNYA

Pengamatan langsung adalah metode biasa yang digunakan manusia untuk mengenali suatu objek. Tetapi tidak semua benda di alam bisa diamati secara langsung. Sebagai contoh, bagaimana kita mengetahui posisi tulang yang patah? Apakah mungkin melihat bayi di dalam ibu hamil? Bagaimana mengenali kanker di dalam otak? Semuanya itu membutuhkan teknik khusus yang melibatkan pengamatan secara tidak langsung.

Dalam eksperimen ini, anda diminta untuk menentukan bentuk suatu objek dengan menggunakan pengamatan tidak langsung. Anda akan diberikan dua kotak silinder tertutup dan di dalam kotak itu ada objek dengan bentuk yang harus ditentukan.

Tantangan bagi anda adalah untuk mengenali objek itu tanpa membuka kotak. Konsep fisika dalam percobaan ini sederhana (cuma pemantulan), tetapi membutuhkan kreativitas dan beberapa keahlian.

Download Soal Olimpiade Fisika Asia 2005:

Soal Olimpiade Fisika 2005 download

5 thoughts on “Soal Olimpiade Fisika Asia 2005

  1. ASSAlamu’alaikum…
    dewa mau minta tolong bwat sapa aja yang punya soal2 olimpiade fisika tahun brapa aja tolong kirim ke email dewa ya…… dewa minta tolong banget. potterholic@rocketmail.com. kalo bisa di tunggu secepetnya…… thanx b4

  2. assalamualikum ,,,

    boleh minta soal” olimpiade fisika ga?
    yg taun brp aja….

    kirim plsss ke email

    thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *